TUGAS SISTEM BASIS DATA 2 : EERD

Rabu, 23 April 2014



ENHANCED  ENTITY  RELATIONSHIP DIAGRAM ( EERD )
PADA KASUS PERUSAHAAN JASA KURIR / EKSPEDISI

EERD adalah sebuah model berisi seluruh konsep ERD ditambah dengan konsep konsep yang berhubungan yaitu specialization dan generalization, model EERD menekankan pada superclass/subclass relationship yang  merupakan  hubungan antara superclass dan subclassnya. Dalam membuat sebuah EERD, ada 5 hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1.      Subclass
Subset dari suatu entity yang dikelompokkan dalam pengertian tertentu yang disajikan secara eksplisit  dengan kata lain subclass merupakan suatu entity  yang merupakan   anggota dari superclass tapi perannya berbeda.

2.      Superclass
Entity yang merupakan induk dari subclass-subclass atau merupakan suatu entity yang mempunyai subclass-subclass yang berbeda tapi harus dipresentasikan dalam model data.

3.      Generalization
Generalization adalah proses pendefinisian entitas-entitas yang disatukan menjadi entitas superclass tunggal dari entitas aslinya yang merupakan subclass istimewa. Proses generalization dapat dipandang sebagai kebalikan dari proses specialization.

4.      Specialization
Specialization adalah proses pendefinisian suatu himpunan subclass dari suatu entitas; entitas ini disebut superclass dari specialization. Himpunan subclass tsb membentuk specialization yang telah didefinisikan berdasarkan beberapa sifat/karakteristik yang istimewa dari suatu entitas pada suatu superclass yang menggambarkan perbedaan yang jelas antara entitas tersebut.

5.      Table
Untuk menjelaskan lebih spesifik Field dan Recod yang telah kita buat dari keempat point di atas.


Setelah mengetahui kelima point di atas, kami akan mencoba membuat EERD pada contoh kasus yang kami ambil, yaitu dalam sebuah perusahaan Jasa kurir/Pengiriman atau Ekspedisi.





SuperClass dan SubClass





Generalization dan Spesialization






Tabel



Nama Anggota Kelompok :



1. FAJAR AWALUDIN         ( 52411971 )
2. FRISKA MEILIANA         ( 52411971 )
3. RIANDA ZULHAMJANI  ( 56411103 )

 

by blogonol
Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com