Media menurut bahasa berarti perantara.
pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan
informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).
Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).
Media baru adalah istilah yang luas yang
muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional
seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan
interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan
konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru menyodorkan
kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap
perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan
pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan
media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit,
kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan hubungan interaktif
dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut
mengalir dengan kegembiraan secara real time. Lain janji penting dari New Media
adalah demokratisasi “” dari penciptaan, penerbitan, distribusi dan konsumsi
isi media.
Globalisasi juga berhubungan dengan New media.
Globalisasi juga berhubungan dengan New media.
Munculnya media baru telah meningkatkan
komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Hal ini memungkinkan
orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar, dan
user-generated media lainnya.
Terbang (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai “lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu”. Globalisasi lebih pendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan perkembangan yang besar sebagai kematian “dari” jarak jauh. media baru “radikal memecahkan hubungan antara fisik dan tempat tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita” (Croteau dan Hoynes 2.003: 311).
Terbang (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai “lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu”. Globalisasi lebih pendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan perkembangan yang besar sebagai kematian “dari” jarak jauh. media baru “radikal memecahkan hubungan antara fisik dan tempat tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita” (Croteau dan Hoynes 2.003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep “ruang publik”.
Media baru juga sebagai alat untuk
perubahan social Gerakan Sosial Media memiliki sejarah yang kaya dan lantai
yang telah berubah dengan kecepatan tinggi sejak New Media menjadi banyak digunakan.
The Tentara Pembebasan Nasional Zapatista di Chiapas, Meksiko adalah gerakan
besar pertama untuk membuat dikenal luas dan efektif penggunaan Baru Media
untuk komunike dan mengorganisir pada tahun 1994. Sejak itu, New Media telah
digunakan secara luas oleh gerakan sosial untuk mendidik, mengatur, produk
budaya saham gerakan, berkomunikasi, membangun koalisi, dan banyak lagi.Para
Menteri WTO 1999 Konferensi kegiatan protes adalah tengara yang lain dalam
penggunaan New Media sebagai alat untuk perubahan sosial. Protes WTO
menggunakan media untuk mengatur tindakan asli, berkomunikasi dengan dan
mendidik peserta, dan digunakan sumber media alternatif. The Indymedia gerakan
juga dikembangkan dari tindakan ini, dan telah menjadi alat yang hebat dalam
demokratisasi informasi, yang dibahas secara luas aspek lain dari gerakan media
baru. Beberapa sarjana bahkan melihat demokratisasi ini sebagai indikasi
pembentukan radikal, sosio-teknis paradigma “untuk menantang dominan,
neoliberal dan determinis teknologis model teknologi informasi dan komunikasi
“. Sebuah radikal melihat kurang di sepanjang baris yang sama adalah bahwa
orang-orang memanfaatkan internet untuk menghasilkan globalisasi akar rumput,
yang bersifat anti-neoliberal dan berpusat pada orang daripada arus modal.Tentu
saja , beberapa juga skeptis terhadap peran Baru Media di Gerakan Sosial.
Banyak sarjana menunjukkan akses yang tidak setara ke media baru sebagai
penghalang bagi gerakan berbasis luas, kadang-kadang bahkan menindas beberapa
di dalam gerakan. Lain-lain ragu tentang bagaimana demokratis atau benar-benar
berguna untuk gerakan sosial, bahkan bagi mereka yang akses.Ada juga banyak New
Media komponen yang aktivis menyebut sebagai alat untuk perubahan yang belum
banyak dibahas seperti itu oleh akademisi.
New Media juga menemukan penggunaan dengan gerakan sosial radikal kurang seperti Free Hugs Campaign. Menggunakan situs web, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas gerakan itu sendiri. Seiring dengan contoh penggunaan blog volume tinggi telah memungkinkan berbagai pandangan dan praktek menjadi lebih luas dan mendapatkan lebih banyak perhatian publik. Contoh lain adalah on-akan Free Tibet Campaign, yang telah dilihat pada website banyak serta memiliki sedikit pertalian dengan band Gorillaz di klip mereka Bitez Gorillaz menampilkan penyanyi utama 2D duduk dengan pengunjuk rasa di Tibet protes. Lain perubahan sosial dilihat berasal dari New Media adalah tren di dunia fashion dan munculnya subkultur seperti Teks Bicara, Cyberpunk, dan lain-lain yang beragam.
New Media juga menemukan penggunaan dengan gerakan sosial radikal kurang seperti Free Hugs Campaign. Menggunakan situs web, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas gerakan itu sendiri. Seiring dengan contoh penggunaan blog volume tinggi telah memungkinkan berbagai pandangan dan praktek menjadi lebih luas dan mendapatkan lebih banyak perhatian publik. Contoh lain adalah on-akan Free Tibet Campaign, yang telah dilihat pada website banyak serta memiliki sedikit pertalian dengan band Gorillaz di klip mereka Bitez Gorillaz menampilkan penyanyi utama 2D duduk dengan pengunjuk rasa di Tibet protes. Lain perubahan sosial dilihat berasal dari New Media adalah tren di dunia fashion dan munculnya subkultur seperti Teks Bicara, Cyberpunk, dan lain-lain yang beragam.
·
Pandangan
New Media
New Media
merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia.
Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar
informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media
bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau
porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi
penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan
kebijakan orang yang memanfaatkannya.
·
Manfaat
New Media
Dari penjelasan
New Media diatas maka dapat diketahui New Media memiliki beberapa manfaat
sebagai berikut:
Arus informasi
yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
Sebagai Media transaksi jual beli
Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
Sebagai Media transaksi jual beli
Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
·
Berikut
disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
Terbukanya
informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa
dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
·
Komponen
New Media
Komponen dari new
media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat
dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat
mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email,
Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
Dengan
SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau
juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan
di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian
sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru.
Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat
mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita
untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer
dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita
mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan,
antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet.
Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
Aplikasi New Media
Pada saat perkembangan teknologi sedag berkembang dengan sangta cepatnya, pasti banyak sekali produk-produk multimedia yang semakin banyak juga yang akan kita ketahui, baik itu melalui media massa, ataupun media elektronk seperti internet pada saat ini.
Seiring dengan berkembang pesatnya media saat ini, saya akan membahas tentang beberapa aplikasi new media yang sudah awam kita gunakan sehari hari sebagai sarana untuk membantu kita dalam berbagai bidang. Contohnya yang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah Facebook. Siapa yang tak kenal dengan jenis jejaring sosial ini? Dari mulai anak anak sampai orang dewasa bahkan sudah sangat familiar dengan nama ini. Begitu pula berbagai jenis aplikasi new media lain yang juga sudah banyak digunakan masyarakat. Beberapa contohnya akan saya bahas dalam artikel ini :
·
Facebook
Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
·
Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Para pengguna
dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para
penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv
yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.