·
PENGENALAN
GAME
Ø Game
(Permainan)
Game
(Permainan)merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang,
mengisi waktu luang, atau berolahraga dan santai. Permainan biasanya dilakukan
sendiri atau bersama-sama.
Ø Permainan
Video
Permainan
video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi
antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan
video umumnya menyediakan system penghargaan–misalnya skor–yang dihitung
berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas
yang ada di dalam permainan. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan
permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol
permainan.
Ø Konsol
Permainan
Konsol
permainan atau Game Console adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang
khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat keluarannya biasa berupa
monitor komputer atau televisi. Alat masukan utamanya berupa sebuah pengendali.
Konsol permainan yang pertama kali dibuat adalah Atari, kemudian dilanjutkan
dengan Nintendo yang sukses pada tahun 1985-1989. Konsol permainan modern
sekarang ini antara lain adalah Playstation buatan perusahaan Sony. Untuk
Console yang berbentuk kecil dan dapat dibawah kemana-mana biasa disebut
Portable Console.
Game
Console telah berkembang semakin pesat, namun perkembangan itu bukan tanpa
proses. Ada beberapa generasi game comsole dari waktu ke waktu seperti yang
akan coba dijelaskan di bawah ini :
1.
Generasi Pertama
Pada
tahun 1966, videogame mulai memasuki babak awal perkembangannya. Ide-ide
kreatif bermunculan, dan sebagian besar dimotori oleh mahasiswa-mahasiswa yang
menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi
di kampus. Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian
meluncur dengan nama Magnavox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang
dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000
unit, Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol videogame pertama di dunia.
1.
Generasi Kedua
Dalam
sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era
8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis
Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era
generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI
,di antaranya adalah: Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 ,
Atari 5200.
1.
Generasi Ketiga
Generasi
ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau
lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo
Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya
juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang
pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. . Di Amerika Serikat, generasi ini
di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi
perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
1.
Generasi Keempat
Generasi
ini disebut-sebut sebagai "jaman emas" dalam dunia video game. Masa
di mana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata
suara, dan gameplay. Era ini juga kian memanas saat terjadinya persaingan seru
antara Sega dan Nintendo. Pada tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega
Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya
Amerika.Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic
the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena
game tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas
Super Mario Bros yang merupakan game buatan Nintendo.
1.
Generasi Kelima
Era
32-bit dan 64-bit ini diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertainment
Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center. Inilah ajang
hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga sekarang.
Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996).
Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk
tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja
developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas
penyimpanan lebih besar.Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga
berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor. Sayang, konsol ini harus
tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.
1.
Generasi Keenam
Generasi
keenam dibuka dengan peluncuran konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol
unik ini memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama.
Sayang, Sega gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game
dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo
dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir
berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Pada era ini,
Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan
Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur
online serta touch sensitive.Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS,
yaitu PSone. Lalu, mereka memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable
(PSP) yang hingga saat ini terus membayangi kesuksesan Nintendo DS.
1.
Generasi Ketujuh
Perkembangan
video game kini telah masuk ke generasi ketujuh. Microsoft telah menggeber XBox
360, sementara itu Sony dan Nintendo dengan PS3 dan Wii. Tak diragukan lagi
kalau ketiganya adalah konsol terbaru dan tercanggih. di generasi ini konsole
game memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi ini
konsole game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi
dan koneksi internet. sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung
dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah ruang.
1.
Generasi Kedelapan
Nah,
saat ini kita memasuki dunia konsol game generasi kedelapan, dimulai dari
Nintendo, Wii U yakni penerus dari Nintendo Wii yang dirilis pada Q4 tahun
2012, lalu ada PlayStation 4 yang secara resmi diumumkan pada tanggal 20
Februari 2013 yang akan rilis pada Q4 tahun 2013, selanjutnya ada Microsoft yag
mengumumkan penerus Xbox 360, yaitu Xbox One pada tanggal 21 Mei 2013, juga
akan dirilis pada Q4 tahun 2013.
·
GENRE
/ JENIS DARI GAME KONSOL
1.
RPG (Role Playing Game)
RPG
adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam
gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah
dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan
ending dari game tersebut RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG
(Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly)
2.
FPS (First Person Shooting)
FPS
adalah game yg tembak menembak yg memiliki ciri utamanya adalah penggunaan
sudut pandang orang pertama yg membuat kita dibelakang senjata.
3.
TPS (Third Person Shooter )
TPS
adalah game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembakmenembak hanya
saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah orang ketiga.
4.
Simulation
Simulasi
Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat
diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan
faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata.
5.
Arcade
Arcade
game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya
dimainkan untuk kejar-mengejar point / highscore.
6.
Fighting
Fighting
adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan
jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one
dalam sebuah arena yang sempit.
·
PERKEMBANGAN
GRAFIK GAME KONSOL
Perkembangan
games global semakin merajalela dengan hadirnya berbagai jendre yang menarik
sehingga banyak dilirik para gamers diseluruh dunia, semua itu tak akan terjadi
tanpa adanya proses dari masa kemasa yang dulu hanya berupa grafic sederhana, sampai
akhirnya berkembang menjadi berbasis 3D,dan online. Di bawah ini merupakan
beberapa contoh gambaran dari gfarik game konsol dari masa ke masa.
·
SARAN
DAN PESAN
o
Untuk ditingkatkan lagi dari sisi
Gameplay, dan tidak terlalu fokus pada grafik.
o
Diperjelas lagi batasan untuk setiap
game yang dipublikasikan
o
Semoga para gamer dapat membedakan
dampak positif dan negatif dari game yang dimainkannya.
·
SUMBER
dan REFERENSI
o
http://zigafiles.blogspot.com/2013/05/pengenalan-jenis-jenis-genre-games.html
o
http://ilmuforfree.blogspot.com/2011/12/sejarah-perkembangan-konsol-game.html
o
http://www.kaskus.co.id/thread/51fb74b98327cf0664000007/sejarah-perkembangan-console-game
o
http://fantastic-modern.blogspot.com/2013/12/perkembangan-grafik-game-dari-masa-ke.html