TEKNOLOGI PENGANTAR GAME : VIRTUAL REALITY

Rabu, 14 Mei 2014
VIRTUAL REALITY



·         Pengertian VR
Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
Ø  Peranti Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker. Glove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality. Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan berlumpur.
Ø  Cara Kerja Virtual Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Ø  Konsep dan Perkembangan Virtual Reality
Istilah Realitas maya tidak pasti asalnya. Pengembang realitas maya,Jaron Lanier mengakui bahwa ia menggunakan istilah itu pertama kali dan ada istilah yang terkait digunakan oleh Myron Krueger adalah “kenyataan tiruan“ telah digunakan sejak 1970.Virtual Reality sering digunakan untuk menggambarkan berbagai aplikasi, umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.

CAD pengembangan perangkat lunak,akselerasi perangkat keras grafik,kepala-mount display,sarung tangan database dan miniaturisasi telah membantu mempopulerkan gagasan.Dalam buku The Metaphysics of Virtual Reality,Michael R. Heim mengidentifikasi tujuh konsep yang berbeda Virtual Reality yaitu :
§  Simulasi
§  Interaksi
§  Kepalsuan
§  Imersi
§  Tele Presence
§  Seluruh Tubuh Imersi
§  Jaringan Komunikasi

Untuk memasuki Virtual Reality,pengguna mengenakan sarung tangan khusus,earphone,dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya. Melalui cara ini,setidaknya tiga indera tubuh kita terkontrol oleh komputer. Untuk hasil yang lebih baik,biasanya piranti Virtual Reality ini juga memonitor apa yang dilakukan user. Misalnya kacamata yang mengontrol pergerakkan bola mata pengguna dan meresponnya dengan mengirim masukkan video yang baru. Virtual Reality kadang digunakan untuk menyebut dunia virtual yang disajikan ke dalam komputer,seperti pada berbagai macam game permainan komputer yang kini marak perkembangannya,meskipun hanya berbasis representasi teks,suara dan grafis.
Ø  Syarat yang harus ada dalam VR/VE

§  Gambar/ grafis/ penglihatan 3-D yang nyata menurut perspektif penglihatan pengguna.
§  Kemampuan untuk mendeteksi gerakan-gerakan pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan “dunia” 3-Dnya.
·         Keterkatian VR
Virtual Reality sangat erat kaitannya dengan teknologi game, karena dengan game lahVR ini dapat implementasikan dengan jelas dan menarik. Lewat game, Virtual Reality dapat mengubah cara seseorang berinteraksi dan bersosial di masa depan. Namun selain dalam Game, VR juga banyak diimplementasikan di bidang lainnya, seperti militer, untuk simulasi terjun payung, pesawat, dan juga pada bidang lainnya. Teknologi VR ini mempunyai banyak dampak positif, tapi ada juga beberapa dampak negatifnya, seperti dapat mengurangi seseorang dalam berinteraksi secara nyata.
Efek Negatif dan Kekurangan Virtual Reality
Ø  Kekurangan:
§  Isolasi pribadi
§  Kurangnya interaksi dengan dunia nyata dan orang lain
§  Pengangguran meningkat
Ø  Efek Negatif:
§  Orang yang menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
§  Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.

·         Contoh game VR
Terdapat berbagai macam game yang saat ini sudah menggunakan teknologi Virtual Reality, beberapa diantaranya adalah seperti contoh di bawah ini :

§  Tennis : Nintendo Wii


§  Project Natal : Xbox


§  Game FPS : Oculus Rift


·         Virtual Reality Changes The World
Ada sebuah istilah yang menyatakan bahwa “Virtual Reality Changes The World”, dan saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena menurut saya, dengan teknologi Virtual Raelity yang ada saat ini, sudah dapat mengubah cara berinteraksi dan bersosial. Mulai dari pertemuan, meeting, kerja, bermain, semuanya dapat dilakukan dengan teknologi VR. Bahkan menurut saya Virtual Reality lebih dari sekedar mengubah dunia, tapi membawa dunia yang baru. Dunia virtual yang dapat memudahkan semua aktifitas manusia, juga dapat mengurangi pola kehidupannya. Maka dari itu, menurut saya, Virtual Raelity merupakan salah satu teknologi paling luar biasa abad ini, yang membawa begitu banyak dampak positif, dan juga terdapat dampak negatifnya.


Sumber :
§  http://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/03/virtual-reality/
§  http://yanceqalam.wordpress.com/2013/10/13/virtual-reality-vr-peg-tek-internet-dan-new-media/
§  http://io9.com/5288859/7-virtual-reality-technologies-that-actually-work
 

by blogonol
Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com